Cari Makan Ala Youtube StarsSemuanya pasti berpikir deh, dari mana Youtube Stars seperti Alex Goot mencari uang.. Padahal, fasilitas yang mereka dapatkan dari Youtube bisa dibilang gratis semua.

Selidik punya selidik, adalah program Youtube yang bernama CPM (Cost per mille) yang menjadi sumber pendapatan para musisi digital tersebut. Kuncinya sih cuma satu, konsistensi!.

Setiap video yang diupload oleh para musisi, pasti selalu disisipi sebuah iklan. Nah, CPM itu dihitung berdasarkan banyak viewers yang menyaksikan iklan tersebut.

Jadi, ketika iklan yang di-embed dalam video tersebut mampu diputar sebanyak 1000 kali, maka ada uang sebesar USD 7 atau sekitar Rp 70000 bagi sang pemilik video. Jadi bayangkan, kalau Alex Goot bisa mengumpulkan 1 juta viewers, bakal ada USD 7000 masuk ke kantong.

Jadi beralasan sih, kalau mulai banyak Youtube-Youtube stars muda seperti Luke Conard, Chad Suug, hingga Ryan Higa berlomba-lomba bikin cover keren buat meraup banyak pundi-pundi. Nggak heran, mereka bisa menggelar tur-tur kecilan keliling dunia.

Terakhir, berbekal dana pas-pasan, Alex Goot terbang ke Indonesia bersama Against The Current buat manggung. Meski nggak dalam skala besar, konser yang diselenggarakan di Foundry 8 tersebut terbilang cukup sukses.

"Intinya, selama karya kamu orisinil walaupun hanya bisa meng-cover lagu orang, posting saja. Karena kamu nggak akan tahu seberapa besar respon yang kamu dapat jika kami serius menekuni dunia musik digital," tegas Goot. So, masih takut buat berekspresi?

0 comments:

Post a Comment

 
Don't Worry To Be Free © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top